Pendidikan (umsida) dan Pembangunan Manusia Menurut Islam

Narasumber : Dr. H. Hidayatulloh,M.si_ Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Pendidikan adalah hal yang sangat penting dan harus melekat dalam diri semua manusia.

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar”.  (QS. An-Nisa’ : 9)

Manusia bisa sukses karena tiga hal yakni Knowledge, Skill, dan Attitude (sikap). Jika masyarakat Indonesia bisa menerapkan tiga faktor tersebut, maka semua orang akan bisa sukses dan kolektif.

Pendidikan harus dimulai sejak dalam kandungan sampai wafat. Tanggung jawab bukan hanya pada pendidikan formal seperti sekolah, kampus, dll. Tapi keluarga yang dapat membentuk potensi. Menumbuhkembangkan potensi sejak dini kepada anak. Akan tetapi dalam proses belajar juga harus ada seni, dengan cara semangat dalam belajar, tidak tergesa-gesa, dan selalu dengan mood yang baik.

Spiritual dan materi harus sama-sama berjalan seiringan, karena keduanya penting dalam pembangunan pendidikan islam yang berkualitas. sesuai Sabda Rasulullah SAW: “Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian”. 

Semua orang berhak untuk sukses bagi mereka yang : Menginginkan, Memperjuangkan Kesungguhan (bersungguh-sungguh dengan hati).

“Jika kita bersungguh-sungguh, maka kesungguhan itu akan kembali kepada kita”

“Siapa yang memberi, maka kita juga akan semakin banyak menerima juga”